Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop bekas

7 hal yang Perlu diperhatikan sebelum membeli laptop bekas – Laptop sudah menjadi kebutuhan khusus yang diperlukan guna menunjang aktifitas kerja atau kuliah. Namun demikian, harga laptop baru tidaklah murah. Harga laptop baru termurah saat ini ada dikisaran 2,9 jutaan ke atas.

Bagi mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu hal ini tentunya memberatkan. Salah satu cara agar tetap dapat memiliki laptop adalah dengan membeli laptop bekas.

Sebenarnya membeli laptop bekas tidak ada salahnya, selama masih bagus dan bisa digunakan. Hal ini dikarenakan umur laptop biasanya dapat bertahan hingga 10 tahun. Sebagai buktinya salah satu laptop saya sudah berumur 10 tahun dan masih tetap bisa digunakan walaupun menggunakan os windows xp.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Baru

Namun demikian saat akan memutuskan untuk membeli laptop bekas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini hal-hal yang wajib anda ketahui.

1. Umur Laptop

Pastikan anda mengetahui umur dari laptop bekas yang ingin anda beli. Anda dapat mengetahuinya dari tahun keluarnya (dibuatnya) laptop. Hal ini perlu anda diperhatikan karena berpengaruh ke usia komponen laptop. Seperti usia hardisk dan ram.

2. Baterai

laptop lama biasanya baterainya sudah rusak. Nah, pastikan apakah baterainya sudah rusak atau tidak. jika sudah rusak maka tentunya harga laptop lebih murah lagi.

Jika anda ingin menggunakannya untuk aktifitas mobile (bekerja lapangan) maka kebutuhan baterai laptop merupakan hal penting. Tapi kalau cuma dipakai dirumah maka tidak masalah.

3.  Prosessor

Ada perlu memperhatikan proses yang digunakan. Lihat type dan mereknya apakah sesuai dengan sistem operasi yang ingin anda gunakan atau tidak. Pemilihan prosesor yang salah dapat mengakibatkan laptop menjadi lambat dan sering macet.

4. Ram

Ram juga merupakan hal penting yang patut diperhatikan. Hal ini dikarena sistem operasi dan program tertentu membutuhkan ram yang besar.

5. Hardisk

Laptop lama biasanya memiliki hardisk yang lebih kecil. Cek kapasitas hardisk yang digunakan apakah sesuai kebutuhan atau tidak. Jika hardisk terasa sudah tidak bagus maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah agar data tidak akan hilang sewaktu-waktu terjadi error.

6. VGA

VGA juga merupakan hal yang sangat penting. Pemilihan vga yang salah bisa mengakibatkan anda tidak bisa memutar video dengan resolusi tinggi. Sebagai contoh, laptop lama saya tidak bisa memutar video resolusi 720p dan 1080pPast. Jika diputar maka video akan menjadi lambat dan macet.

7. Kondisi

Pastikan laptop yang akan anda beli dalam kondisi prima dan baik. Untuk memastikannya dapat anda lakukan dengan cara membuka laptop tersebut guna memastikan komponen yang dipakai tidak usang.

Kedua, coba jalankan dan putar video resolusi 1080p dan program lainnya bersamaan. Jika laptop tiba-tiba mati berarti ada yang error antara prosesor, ram atau kipas laptop. Namun jika dapat diputar normal atau lag, berarti tidak ada masalah.

Demikian artikel kali ini tentang 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop bekas. Semoga dapat membantu dalam penilaian saat akan membeli laptop bekas.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop bekas
5 (100%) 20 votes

Pin It on Pinterest

Share This