Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Apakah website saya layak untuk didaftarkan ke google adsense

Apakah website saya layak untuk didaftarkan ke google adsense – Pada artikel kali ini saya akan membahas apa yang membuat para blogger khususnya blogger pemula menjadi kecewa berat dengan google adsense dengan judul “Apakah website saya layak untuk didaftarkan ke google adsense?”. Ya, seperti judul artikel ini.

Jika anda ingin mengetahui lebih detail apakah website anda layak untuk adsense atau tidak bisa baca peraturan google adsense.

Mendaftar google adsense tidaklah semudah iklan yang selalu ditawarkan atau disampaikan oleh google adsense itu sendiri. Mungkin iya jika kita hanya sekedar melihat proses pendaftarnya yang mana cukup masukkan url website lalu isi form dan selesai tinggal tunggu jawaban. Namun pada kenyataanya tidak begitu, untuk mendaftar google adsense diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit.

Untuk dapat mendaftar google adsense anda diharuskan mempunyai website dan jika anda menggunakan nama domain sendiri (bukan blogger) maka untuk di beberapa negara seperti India dan cina domain tersebut harus sudah berumur minimal 6 bulan sebelum didaftarkan ke adsense.

Setelah penuh perjuangan membangun website selama 6 bulan dengan membuat artikel orisinal buatan sendiri dan kemudian didaftarkan ke google adsense tapi pada akhirnya anda dikecewakan google adsense dengan email yang berbunyi website anda ditolak Karena “situs tidak sesuai dengan kebijakan google” atau “konten website tidak memadai”. Apa mungkin google adsense hanya diperuntukan buat mereka yang memiliki bakat atau ahli dalam tulis menulis?

Ya hal ini tentunya menjadi kegalauan para blogger pemula. Apalagi blogger pemula biasanya pada awal memulai blog niatnya Karena hobby semata namun dengan berlalunya waktu, mulailah mereka mengenal apa itu yang namanya google adsense dan mereka mulai tertarik untuk mendaftarkan blog mereka ke google adsense.

Namun setelah membaca peraturan google adsense barulah mereka sadar bahwa mereka telah membuat kesalahan mendasar yaitu artikel di blog mereka tidaklah sesuai dengan persyaratan yang diwajibkan oleh google adsense. Tapi Karena niat dan keinginan mereka untuk mendapatkan akun google adsense, maka mulailah mereka membuat blog baru khusus untuk mendaftar google adsense tapi ujung-unjung tetap ditolak dengan email “konten tidak memadai”. Dan ingat proses membuat hingga mendaftarkan website baru itu diperlukan waktu berbulan-bulan.

Saya pribadi juga merasakan hal itu, untuk mendapatkan google adsense tidaklah semudah membaca tips dan tutorial cara mudah mendaftar google adsense atau cara agar diterima google adsense. Mungkin untuk tahun 2009 kebawah tips dan tutorial tersebut mudah diterapkan namun untuk tahun 2016 sekarang ini sangatlah sulit.

Hal ini dikarenakan jumlah website yang ingin mendaftar google adsense jumlahnya sangat banyak sedangkan jumlah pemasang iklan sendiri bisa dikatakan statis. Saya tidak tahu berapa jumlah pemasang iklan google saat ini tapi saya yakin jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan blogger yang sudah mendapatkan akun adsense atapun yang ingin mendaftar adsense.

Sebagai pemasang iklan tentunya mereka tidak ingin iklan yang mereka pasang dengan budget terbatas hanya muncul dalam sekejap (padahal mereka ingin iklan tersebut dapat bertahan untuk beberapa waktu) dikarena iklan tersebut terpasang di ribuan atau ratusan ribu website yang mana belum tentu iklan itu mengenai target yang diinginkan . Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab pendaftaran google adsense sangatlah sulit Karena google sangat selektif dalam menyeleksi semua calon akun adsense agar iklan dari pemasang iklan hanya dapat ditampilkan di website yang berkualitas, baik itu dari pengunjungnya ataupun dari konten websitenya.

Namun yang mengherankan dari adsense adalah anda cukup mendaftar satu website saja dan setelah website itu diterima maka anda dapat menaruh kode iklan tersebut di website mana saja sekalipun website tersebut belum tentu memiliki artikel yang memadai. Saya tidak tahu apakah peraturannya sudah berubah atau tidak sampai saat ini. Tapi saya banyak melihat website yang tidak layak secara konten (melanggar peraturan adsense) tapi tetap dibiarkan oleh pihak adsense dengan dalih nantinya akan di banned (kenyataannya sepertinya tidak).

Bagaimana? Apakah anda sudah patah semangat? Sudah menyerah dengan google adsense? Jika anda sudah menyerah atau website anda tidak sesuai dengan persyaratan google adsense maka anda dapat mencoba alternatif lain dari google adsense.

Jika website anda adalah website download maka sudah pasti jika anda daftarkan ke adsense akan 100% ditolak karena melanggar TOS adsense. Saya sarankan untuk memasang iklan jenis CPM berupa iklan popup windows. Keunggulan dari iklan popup yaitu anda akan dibayar untuk tiap popup yang muncul dengan kisaran bayaran 1$ per 1000 pengunjung blog.

Namun, jika anda tetap bersikeras ingin mecoba mendaftar google adsense maka ada beberapa hal yang mesti anda persiapkan terlebih dahulu agar anda tidak membuang waktu menunggu hasil review yang kemungkinan besar akan ditolak. Ingat untuk sekali proses review bisa memakan waktu 1 minggu jadi usahakan website anda sudah memenuhi persyaratan sebelum didaftarkan supaya tidak membuang-buang waktu menunggu hasil review (Daftarkan jam 21.00 – 23.00 wib). Biasanya hasil review akan dikirim melalui email sebelum jam 12.00 wib.

Sebelum mendaftar google adsense, ada beberapa faktor utama yang mesti anda lakukan agar kemungkinan website anda diterima sedikit bisa diharapkan. berikut ini beberapa hal yang mesti anda lakukan sebelum mendaftar google adsense.

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mendaftar google adsense

Website terdaftar di google webmaster tools

Pastikan bahwa website anda sudah terdaftar di google webmaster tools dan email yang anda gunakan adalah email utama yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar google adsense. Hal ini diperlukan karena nantinya google akan mengecek apakah website anda sudah sesuai dengan pedoman mutu web master atau tidak. Jika website anda tidak sesuai maka dipastikan anda akan mendapatkan email penolakan yang berisi “Situs tidak sesuai dengan kebijakan google”.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang google webmaster yaitu anda hanya diperbolehkan menggunakan google webmaster untuk mendaftarkan sitemap blog dan memperbaiki url/link blog yang error di google search console (error 410 atau error 404). Anda dilarang menggunakan google webmaster untuk memulai blog dari awal.

Maksudnya adalah anda dilarang untuk menghapus semua halaman blog yang sudah terindeks di mesin pencarian google dengan maksud untuk memulai blog dengan tema yang berbeda. Contohnya jika sebelumnya tema blog anda adalah teknologi kemudian anda merubahnya menjadi tema bisnis dan karena itu anda menggunakan fitur menghapus url di google webmaster untuk menghapus semua artikel teknologi yang terindeks di mesin pencarian google (hal ini dilarang google).

Sebagai catatan sebenarnya anda tetap dapat melakukan itu jika memang anda sama sekali tidak berminat untuk mendaftar google adsense. Namun, jika anda bermaksud mendaftar google adsense maka lupakan ide itu karena kemungkinan besar akun anda tidak akan diterima. Saran saya gunakan domain baru untuk membuat tema blog yang baru yang berarti harus berjuang berbulan-bulan lagi yang mana belum pasti diterima dan kemungkinan peraturannya akan semakin ketat lagi.

Memasang google analytics di website

Pastikan bahwa anda sudah mendaftar akun google analytics dan sudah memasang kode google analytics di website . Hal ini diperlukan karena google akan menggunakan id google analytics untuk melakukan verifikasi apakah anda merupakan owner atau pemilik website yang didaftarkan ke google adsense atau bukan. Jika anda tidak melakukan hal ini maka setelah mendaftar google adsense anda akan mendapatkan email penolakan yang isinya perihal “Kepemilikan Domain”. Pastikan bahwa email yang anda gunakan sama untuk google webmaster, google analisis dan nantinya untuk google adsense.

Selain itu google juga akan menggunakan google analytics untuk menglihat traffik website yang didaftarkan ke akun google adsense. Apakah traffik tersebut berasal dari social media atau dari mesin pencarian. Untuk diketahui jika traffik blog anda lebih besar berasal dari social media maka kemungkinan ditolak adsense akan semakin besar hal ini dikarenakan google adsense tidak begitu menyukai traffik dari social media dikarena visitor dari social media dicurigai merupakan pengunjung yang sengaja diundang untuk mengklik link iklan adsense. Karena itu, jika anda ingin kemungkinan diterima google adsense semakin besar maka pastikan traffik website anda haruslah visitor unik yang berasal dari mesin pencarian seperti google, yahoo dan bing.

Konten website harus unik/orisinal dan berkualitas

Hal ini masih menjadi perdebatan dikalangan blogger dikarenakan google tidak menjelaskan secara gamblang apa itu konten yang memadai. Apakah konten yang dapat mendatangkan banyak pengunjung ataukah konten artikel yang membahas hal unik dengan gaya penulisan yang bagus. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh google adsense di email penolakannya “Konten tidak memadai” ada beberapa hal yang setidaknya bisa kita pahami.

  1. Pastikan halaman anda berisi teks yang memadai.
  2. Konten anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekedar judul.
  3. Pastikan situs sudah rampung.
  4. Tempatkan kode dihalaman aktif.
  5. Sediakan sistem navigasi yang jelas.

Untuk poin 1 dan 2 dari penjelasan diatas tidak dijelakan apakah konten website harus original atau tidak. Yang saya dapat tangkap dari penjelasan konten tidak memadai atau harus original yaitu artikel blog haruslah menggunakan bahasa dan gaya penulisan sendiri dan bukan merupakan hasil plagiat. Sebagai contoh anda bisa membahas artikel yang sama dengan artikel dari blog lain dengan judul “Apa itu google adsense?” tapi tentunya dengan bahasa dan gaya penulisan yang berbeda.

Hal yang bisa kita tangkap adalah konten artikel di website haruslah memiliki struktur yang rapi dan jelas. Artikel blog yang baik adalah artikel yang terdiri dari beberapa paragraf dan tiap paragraf terdiri dari beberapa baris. Untuk tiap paragraf pastikan jangan terlalu panjang cukup 5 sampai 6 baris. Dan panjang artikel setidaknya 1000 words, untuk pendaftaran adsense pastikan anda mempunyai 20 artikel dengan panjang lebih dari 1000 words lebih baik 1500 words.

Pastikan situs sudah rampung

Website yang didaftarkan di google adsense haruslah sudah selesai dibuat dan tidak terdapat link atau halaman yang error. Hal ini perlu anda perhatikan karena jika saat reviewer google adsense melakukan perayapan dan ditemukan banyak link error maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan email “Situs tidak sesuai dengan kebijakan google”.

Tempatkan kode dihalaman aktif

Untuk hal ini dapat anda lakukan jika anda sudah berhasil pada tahap satu dan mendapatkan email untuk memasang kode iklan di blog. Pastikan saat memasang kode iklan di blog jangan menggunakan plugin (jika wordpress) atau memasangnya di edit html (blogger). Cukup pasang di satu halaman yang mendapatkan banyak traffik dan artikel tersebut unik dan memiliki panjang 1000 words atau lebih.

Hal ini dilakukan agar saat perayapan maka yang terdeteksi adalah artikel yang memiliki konten memadai dan mempermudah reviewer google adsense untuk menilai kualitas artikel tersebut.

Sediakan sistem navigasi yang jelas

Untuk hal ini sudah banyak blogger yang membahasnya. Banyak yang menyarakan untuk membuat halaman about, privacy, contact, dmca dan sebagainya. Walaupun pada kenyataannya ada juga blog yang diterima google adsense tanpa membuat halaman tersebut. Yang dimaksud google adsense dengan navigasi yang jelas yaitu tidak ada link yang error di menu navigasi dan navigasi harus mudah dimengerti dan mudah digunakan oleh pengunjung blog. contoh : Teknologi dan sub menunya gadget, smartphone , komputer.

Demikian akhir dari artikel yang panjang ini semoga dapat membantu kalian khususnya para blogger pemula yang berniat membangun website untuk mendapatkan google adsense. Sebenarnya ada banyak alternative google adsense tapi jujur untuk website Indonesia bisa dikatakan tidak ada untuk blogger pemula. Yang paling ada yaitu adsensecamp dan kumpulblogger yang mana iklan mereka bukanlah iklan premium seperti adsense (iklan mereka kurang menarik minat pengunjung blog).

Saran saya, jika anda niat untuk membangun website maka lupakan adsense dan fokuslah dahulu dengan konten artikel website. Buat artikel menarik yang kiranya dapat mendatangkan banyak visitor blog. Jika visitor blog sudah banyak 1000 visitor/hari barulah daftarkan ke google adsense dan jika tetap ditolak maka anda dapat mendaftakan ke iklan popup seperti popcash dan popads.

Untuk diketahui, pendapatan dari google adsense itu sendiri tidaklah begitu hebat untuk blog Indonesia terkadang blog yang besar hanya mendapat 0.5$ per hari yang mana bisa didapatkan lebih jika memasang iklan popup 1$ per hari.

Apakah website saya layak untuk didaftarkan ke google adsense
5 (100%) 24 votes

Pin It on Pinterest

Share This