Cara Mengatasi Aplikasi Android force close atau keluar sendiri
Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Mengatasi Aplikasi Android force close atau keluar sendiri

Apakah anda pernah mengalami aplikasi di smartphone android sering force close atau keluar sendiri? Jika ya, maka dengan membaca artikel ini Cara Mengatasi Aplikasi Android force close atau keluar sendiri anda akan menemukan alasannya serta solusi tepat untuk menanganinya.

Aplikasi mengalami force close atau keluar sendiri (exit) bisa terjadi dalam dua versi, versi pertama yaitu saat dibuka langsung keluar sendiri, versi kedua saat sedang digunakan tiba-tiba keluar sendiri. Versi pertama dan kedua mempunyai penyebab yang hampir sama.

Cara Mengatasi Aplikasi Android force close atau keluar sendiri

Penyebab Aplikasi Android Force Close Atau Keluar Sendiri

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aplikasi android keluar sendiri saat dibuka, berikut ini adalah beberapa penyebab aplikasi keluar sendiri.

  1. Aplikasi bukan original (bajakan). Aplikasi yang anda gunakan bukan versi resmi dari google playstore.
  2. data aplikasi mengalami corrupt. Bisa berupa temporary data, cache, game data.
  3. Koneksi internet tidak ada atau terputus. Biasanya terjadi jika aplikasi yang di instal tidak memiliki fitur pertanyaan exit
  4. Aplikasi masih versi beta jadi masih banyak terdapat bug (kode kesalahan)
  5. Aplikasi yang digunakan tidak compatible dengan versi android smartphone
  6. Hardware pada smartphone mengalami kerusakan sehingga aplikasi tidak bisa dijalankan normal
  7. Sistem android tidak stabil dikarenakan sudah di Root (di modifikasi)
  8. Memory internal dan memory telepon sudah penuh
  9. Ram smartphone tidak memadai atau habis terpakai
  10. prosesor smartphone tidak kuat untuk menjalankan aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Force Close Atau Keluar Sendiri

Setelah anda mengetahui penyebab dari aplikasi android yang sering keluar sendiri maka sekarang saatnya membahas solusinya yaitu cara mengatasinya. Berikut ini solusi untuk tiap-tiap permasalahannya.

Gunakan Aplikasi Resmi Di Playstore

Cara mengatasi aplikasi android force close yaitu selalu pastikan anda menggunakan aplikasi resmi dengan cara download langsung di playstore dan buka aplikasi apk yang bertebaran di internet. Jika anda terpaksa harus menggunakan aplikasi apk maka pastikan anda mendownload dari halaman resmi atau website partner resmi. Sebab jika anda mendownload dari website tidak resmi, ditakutkan aplikasi tersebut telah di modifikasi atau diubah oleh orang tidak bertanggung jawab. Dan tentunya bisa membuat aplikasi menjadi tidak compatible lagi serta berbahaya.

Clear Data Aplikasi Berupa Cache, Temporary File Dan Game Data

Cara kedua mengatasi aplikasi android force close yaitu dengan menghapus temporary  file, cache dan game data. Mengatasi temporary data bisa dilakukan dengan cara menghapus file temp di hp android menggunakan aplikasi cleaner temporary file. Sedangkan untuk cache bisa dilakukan dengan cara menghapus file cache pada aplikasi melalui pengaturan smartphone. Dan untuk game data biasanya karena file aplikasi tidak sama dengan file data game. Anda bisa mengatasinya dengan cara update app dan game data ke versi terbaru.

Baca juga:

Pastikan Koneksi Internet Ada dan Stabil

Saat ini sudah banyak aplikasi yang mewajibkan untuk terhubung ke internet saat digunakan. Contohnya yaitu game online dan aplikasi chatting. Ada beberapa game yang memang sudah diatur untuk keluar sendiri jika tidak ada koneksi internet. Solusinya, pastikan jaringan internet yang anda gunakan tetap stabil dan tersedia.

Hentikan Menggunakan Aplikasi Versi Beta

Aplikasi beta merupakan aplikasi yang masih dalam tahap uji coba untuk melihat performa dan kinerja. Terkadang aplikasi versi beta masih memiliki banyak kode kesalahan yang menyebabkan force close. Satu-satunya cara mengatasinya yaitu tidak menggunakan aplikasi tersebut dan tunggu hingga versi resminya muncul.

Gunakan Aplikasi Yang Compatible Dengan Versi Android

Biasanya saat akan mendownload aplikasi di playstore akan muncul peringatan aplikasi tidak compatible jika tidak sesuai dengan versi android. Sehingga anda hanya dapat memasang aplikasi yang cocok dengan smartphone. Hal umum yang terjadi adalah anda mendownload aplikasi dari pihak ketiga tanpa mengecek spesifikasi terlebih dahulu. Pastikan apk yang anda gunakan sesuai dengan versi android smartphone.

Hardware Smartphone Mengalami Kerusakan

Untuk masalah ini biasanya sangat jarang terjadi, dan jika terjadi yaitu banyak aplikasi yang sering force close. Solusinya lakukan pengecekan dan perbaikan hardware ke service center smartphone yang anda gunakan.

Lakukan Reset Pabrik (Factory Reset) Smartphone

Sistem android yang tidak stabil dikarenakan sudah di Root juga bisa menyebabkan aplikasi sering hang maupun force close. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan reset pabrik pada smartphone. Sebelum melakukan reset, pastikan anda telah melakukan backup data-data penting di hp.

Kosongkan Memory Internal Dan Memory Telepon

Setiap aplikasi yang berjalan juga memerlukan memory dan memory telepon untuk menyimpan file data berupa temporary, save data dan cache. Pastikan masih banyak ruang kosong di penyimpanan memory internet dan memory telepon.

Kosongkan Ram Smartphone Dari Aplikasi Latar Belakang

Jika anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan ram besar contohnya untuk bermain game, maka pastikan ram yang ada cukup. Anda bisa mengatasinya dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan diproses latar belakang. Atau menggunakan aplikasi Greenify untuk melakukan hibernate aplikasi lainnya sehingga ram menjadi legah.

Prosesor Smartphone Tidak Kuat Untuk Menjalankan Aplikasi

Biasanya ini terjadi saat bermain game, tiba-tiba game menjadi hang dan keluar sendiri. Solusi satu-satunya yaitu anda perlu membeli atau menggunakan smartphone yang cocok untuk aplikasi tersebut.

Reinstall atau Install Ulang Aplikasi

Jika anda tidak ingin pusing untuk mendeteksi apa penyebab utama dari aplikasi yang force close. Maka anda bisa menghapus aplikasi tersebut lalu coba install lagi dari halaman resminya di playstore. Dengan cara ini maka aplikasi akan fresh dan bebas dari masalah.

Demikian penjelasan penjelasan penyebab aplikasi android sering force close serta cara mengatasinya. Jika anda rasa artikel Cara mengatasi aplikasi android force close atau keluar sendiri cukup bermanfaat maka anda bisa share ke media sosial.

Register Now: TOP 10 Web Hosting Providers

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View All Deals

Provider Price Space/Transfer Features
$3.95 /mo Unlimited (both) In business since 1996. Free Domain SSH support (Secure Shell) » Get Host
$3.95 /mo Unlimited (both) In business since 2011. cPanel/WHM, Fantastico, ASP, Curl, Cron, Pay Monthly » Get Host