Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom ROM HP Android

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom ROM HP Android – Setiap smartphone atau HP yang sudah beredar di pasaran dan tentunya resmi pasti sudah memiliki bahasa default bahasa Indonesia. Dikarenakan merupakan syarat dari peraturan yang berlaku mengenai perangkat elektronik. Setiap perangkat elektronik termasuk smartphone wajib memiliki dan menyediakan buku manual bahasa Indonesia.

Walau begitu ternyata banyak orang khususnya pengguna smartphone Android yang suka mencoba menggunakan custom ROM. Ada banyak alasan kenapa orang suka menggunakan Custom ROM Android, antara lain untuk mempercantik tampilan HP Android, agar mendapatkan pembaharuan atau update lebih cepat, Menggunakan ROM yang ringan, serta mencoba ROM dari HP terbaru. Nah, lalu apa kekurangan dari custom ROM? kekurangannya yaitu tidak terdapat bahasa indonesia dikarenakan custom rom biasanya menggunakan bahasa default english. Oleh sebab itu pada tutorial kali ini akan membahas cara menambahkan bahasa indonesia pada custom ROM sehingga menjadi bahasa default Android.

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom ROM HP Android

Namun sebelum mengikuti tips kali ini, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami yaitu:

  1. Biasakan untuk selalu melakukan backup data sebelum melakukan perubahan sistem Android dan itu termasuk mengganti ROM Android. Ini perlu kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kehilangan data jika terjadi error.
  2. Untuk melakukan tutorial ini maka kamu harus sudah paham mengenai cara decompile dan recompile file APK
  3. Lakukan tutorial ini langkah demi langkah dan segala kesalahan atau kerusakan merupakan tanggung jawab kamu pribadi. Do With Your OWN RISK!

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom ROM

  1. Pertama kamu perlu memiliki file framework-res.apk, boleh dari ROM apa saja, dengan syarat rom tersebut terdapat bahasa indonesia. Kamu juga bisa mengambil file framework-res.apk dari stock ROM HP yang kamu gunakan.
  2. Setelah menemukan file framework-res.apk yang tepat, edit nama file apk tersebut menjadi framework-res-1.apk. Kemudian decompile file framework-res-1.apk
  3. Siapkan file framework-res.apk yang akan di inject bahasanya, edit nama file apk tersebut menjadi framework-res-2.apk. Kemudian Decompile framework-res-2.apk
  4. Setelah itu masuk ke hasil decompile framework-res-1.apk, Lalu masuk ke folder res/… lalu copy folder values-in dan values-rID
  5. Setelah itu masuk ke hasil decompile framework-res-2.apk, lalu paste-kan folder yang tadi sudah di copy ke folder res/…
  6. Kemudian recompile framework-res-2.apk
  7. Rename atau edit nama framework-res-2.apk menjadi framework-res.apk dan siap dipakai untuk Custom ROM.
  8. Selesai.

Itulah cara menambahkan bahasa indonesia pada Custom ROM HP Android, cukup mudah bukan? selamat mencoba dan semoga berhasil.

Pin It on Pinterest

Share This