Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Mendapatkan Sitelinks Di Pencarian Google

Salah satu fitur yang terdapat pada hasil pencarian google adalah sitelinks. sitelinks ini dimunculkan sebagai bagian dari navigasi website yang disediakan oleh google. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu sitelinks serta cara mendapatkan sitelinks di pencarian google, berikut ini penjelasannya.

Apa itu Sitelinks

sitelinks adalah daftar link khusus atau tautan situs suatu website yang dimuncul sebagai turunan link dari halaman utama (homepage) blog di search engine google. sitelinks tersebut bisa berupa daftar link yang mengarah ke halaman (page), bisa juga mengarah ke artikel blog dan kategori blog.

Daftar link yang dimunculkan di sitelinks ditentukan dari tingkat kepopuleran link tersebut ditinjau dari pengalaman pengunjung. Semakin populer maka jumlah sitelinks yang ditampilkan akan semakin banyak. Biasanya untuk blog yang sangat populer, maka akan dimunculkan juga kotak pencarian khusus diantara daftar link di sitelinks.

Fungsinya untuk mempermudah navigasi pada blog tersebut. Kotak pencarian ini hanya muncul jika website tersebut memiliki banyak artikel yang mirip dan kotak search di website tersebut banyak digunakan oleh pengunjung.

Biasanya kotak pencarian sitelinks hanya muncul di blog download software, website booking dan sebagainya yang main fokus websitenya menggunakan kotak pencarian.

Kegunaan sitelinks untuk Website

Kegunaan dari sitelinks yaitu mempermudah pengujung saat di search engine untuk menemukan halaman-halaman penting di website. Halaman tersebut bisa berupa link ke artikel populer atau halaman penting lainnya. Dengan adanya sitelinks maka pengunjung dapat dengan cepat membuka halaman yang dicari.

Kapan sitelinks Muncul

Munculnya suatu sitelinks pada blog tergantung dari blog itu sendiri. Jika struktur pada blog tersebut bagus dan terdapat link situs yang berguna bagi pengunjung maka link tersebut yang nantinya dimunculkan di daftar sitelinks. Untuk dapat memunculkan sitelinks maka hal pertama yang wajib dilakukan yaitu mendaftarkan website di google webmaster tools lalu melakukan submit sitemap blog.

Baca juga:

Fungsinya agar google bot dapat melakukan crawler dan menelusuri setiap halaman website. Setelah halaman website di crawler maka nantinya mesin google akan melakukan generate link dan menentukan daftar link di sitelinks secara otomatis.

Faktor yang menentukan daftar link di sitelinks yaitu kepopuleran dari links tersebut seperti banyak dicari atau di klik oleh pengunjung. Bisa juga karena link tersebut merupakan bagian penting dari website yang menjelaskan identitas dari website seperti halaman about dan privacy.

Pada umumnya link yang muncul di sitelinks adalah link yang berasal dari menu navigasi di header blog seperti halaman about, disclaimer, privacy, terms of services. Jadi jika anda ingin link yang diiinginkan muncul di sitelinks maka masukkan di menu navigasi blog.

Cara Mendapatkan sitelinks

Setiap website dapat memperoleh sitelinks dari google namun begitu ada beberapa syarat agar sitelinks tersebut diberikan. Syarat-syarat tersebut yaitu:

1. Navigasi Blog Harus Jelas

Website yang baik adalah website yang mematui pedoman google webmaster tools. Nah, salah satu pedoman dari google webmaster tools yaitu navigasi website harus jelas. Navigasi disini dapat berupa halaman-halaman penting serta widget penting yang ada di website. Halaman penting itu antara lain about, disclaimer, privacy, tos, contact dan sebagainya.

2. Umur Blog

Sebenarnya tidak begitu tepat dikatakan umur blog, melainkan jumlah crawler yang dilakukan oleh google sehingga menjadi akrab dan mengenali lebih baik struktur website anda. Semakin lama umur website maka semakin banyak jumlah crawler yang dilakukan google jika anda rajin mengupdate artikel blog.

3. Rajin Update Artikel

Semakin sering anda melakukan update artikel blog maka semakin sering juga google melakukan crawler blog, sehingga dapat mengumpulkan lebih banyak data yang nantinya digunakan untuk menentukan sitelinks blog. Ada baiknya anda mengupdate artikel blog setiap beberapa hari.

4. Nama Website Harus Unik

sitelinks hanya akan muncul di search engine untuk keyword unik yang mengarah ke nama domain unik. Jadi, domain website anda harus unik sehingga saat keyword yang diketik di search engine sama dengan nama domain maka website anda yang akan ditampilkan.

Baca juga:

Sebagai contohnya yaitu domain dari website ini yang bernama “technopada”. Saat anda melakukan pencarian di search engine google dengan keyword “technopada” maka yang akan muncul yaitu halaman website ini serta kata kunci yang mendekati seperti “techno pada”.

5. Membuat Sitemap Blog

Setiap website sudah seharusnya mempunyai sitemap blog. Dengan adanya sitemap maka pengunjung dapat lebih mudah menemukan semua artikel yang sudah diterbitkan di website. Selain sitemap blog anda juga harus membuat sitemap xml untuk di submit ke google webmaster tools. Fungsinya agar semua artikel dapat di index oleh google.

6. Mendaftar Google Webmaster Tools

Anda wajib mendaftarkan blog ke google webmater tools jika ingin mendapatkan sitelinks. Hal ini perlu anda lakukan karena melalui google webmaster lah nantinya website anda dianalisa dan ditentukan sitelinksnya.

Cara Mengubah Daftar isi sitelinks

Terkadang ada blogger yang berpikir jika hasil atau daftar sitelinks yang mereka dapatkan kurang tepat atau sesuai. Sehingga mereka berpikir bagaimana cara mengubah sitelinks tersebut.

Sayangnya, google tidak menyediakan fitur untuk mengubah daftar isi sitelinks. Semuanya dibuat secara otomatis oleh algoritma google sehingga kita tidak bisa mengotak-atiknya.

Demikian penjelasan apa itu sitelinks serta fungsi dan kegunaannya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk mengenal lebih dekat tentang sitelinks.

Pin It on Pinterest

Share This