Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot
Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Last updated on Agustus 1st, 2017 at 05:03 pm

Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot – Salah satu hal menjengkelkan yang sering terjadi di smartphone dengan kapasitas ram kecil seperti 512mb atau 1gb yaitu lemot. Smartphone dengan ram sekecil itu biasanya bakal jadi lemot kalau kita menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau menjalankan aplikasi berat seperti game.

Walaupun saat ini sudah banyak smartphone terbaru dengan fitur yang wow tapi tetap saja permasalah ram tetap terjadi. Hal ini dikarenakan ram yang ditawarkan juga paling-paling 2gb.

Padahal fitur yang dipakai bertambah banyak dan sistem operasi android yang dipakai juga yang terbaru. Dan akibatnya persoalan ram tetap menjadi suatu masalah umum.

Hal ini dikarenakan smartphone yang beredar hanyalah suatu proses bisnis marketing saja. Coba saja bandingkan performa samsung galaxy note 4 dengan smartphone level menengah saat ini, pasti masih menang samsung galaxy note 4 walau ada beberapa yang juga lebih baik dari segi performa seperti beberapa smartphone merek xiaomi.

Lalu bagaimana cara mengatasi smartphone yang lemot? ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Reset Ulang Ke Kondisi Awal

Saat pertama kali menggunakan smartphone pastinya smartphone tersebut ngak lemot. smooth dan lancar jaya. Lalu kenapa sekarang jadi lemot? hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall ataupun mungkin kamu pernah upgrade OS android smartphone.

Baca juga: 

Untuk mengatasi hal ini silakan smartphonenya di reset ke kondisi pabrik. Namun sebelum itu pastikan kamu sudah backup semua data penting. Data yang harus di backup seperti kontak telepon, sms, email, akun, foto, video dan semua hal penting lainnya.

2. Root Smartphone Android

Jika kamu tidak ingin melakukan reset smartphone. Maka kamu dapat melakukan root smartphone android. Fungsinya agar kamu dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Dengan begitu kapasitas memory menjadi legah dan bisa digunakan untuk menginstall aplikasi lainnya.

3. Ganti Launcher Bawaan

Jika smartphonemu sudah diroot maka kamu dapat menganti launcher bawaan. Launcher bawaan yang terdapat pada smartphone ada beberapa yang mengkonsumsi ram cukup besar. Untuk itu ada baiknya kamu menggunakan launcher yang ringan dan matikan laucher bawaan.

4. Gunakan Aplikasi Greenify

Fungsi aplikasi ini yaitu dengan cara melakukan hibernate pada aplikasi. Dengan begitu aplikasi yang berjalan di background dapat di matikan sehingga penggunaan ram dapat berkurang.

5. Matikan Aplikasi Bawaan

Jika kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas ram 1gb. Ada baiknya kamu mematikan aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Kamu bisa mematikannya melalui pengaturan aplikasi.

Demikian tips kali ini. Tips ini sudah saya coba di tablet saya yang ramnya cuma 512mb dan hasilnya sangat memuaskan.

Register Now: TOP 10 Web Hosting Providers

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View All Deals

Provider Price Space/Transfer Features
$3.95 /mo Unlimited (both) In business since 1996. Free Domain SSH support (Secure Shell) » Get Host
$3.95 /mo Unlimited (both) In business since 2011. cPanel/WHM, Fantastico, ASP, Curl, Cron, Pay Monthly » Get Host