Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Mengetahui Password WiFi yang Tersimpan menggunakan CMD

Last updated on Juni 21st, 2017 at 06:33 am

Pada tutorial kali ini yang akan dibahas adalah cara mengetahui profil dan password Wi-Fi yang tersimpan di komputer. Maksudnya yaitu jika kamu sudah pernah terhubung ke suatu Wi-Fi yang terlindungi dengan proteksi password wpa atau wpa2 dan ingin terhubung kembali tapi lupa apa passwordnya maka tips kali bisa membantumu untuk mengetahui password yang dulu digunakan. Jadi jangan salah, tutorial kali ini membahas cara mendapatkan kembali password Wi-Fi bukan menjebol password Wi-Fi.

Tapi sebelum membahas lebih jauh, apa kalian sudah tahu apa itu Wi-Fi? atau hanya sekedar tahu?. Nah, berikut ini penjelasan singkat dari Wi-Fi.

Wi-Fi adalah salah satu teknologi jaringan yang memanfaatkan peralatan dan perangkat elektronik untuk melakukan aktifitas bertukar data secara nirkabel/tanpa kabel (menggunakan gelombang radio). Awalnya Wi-Fi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer, namun saat ini sudah dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone atau gadget. Selain dapat digunakan untuk bertukar data secara offline, Wi-Fi juga dapat dilakukan dengan bertukar data secara online dengan memanfaatkan jaringan internet berkecepatan sedang maupun berkecepatan tinggi. Wi-Fi berkecepatan tinggi biasanya terdapat di tempat-tempat umum dan biasanya unlimited. Contohnya di hotel, restoran, cafe dan mall.

Baca juga: Cara Mengatasi Wifi No Internet Access

Sebelum membahas tips ini ada yang perlu kamu ketahui, tips ini berguna untuk mengetahui password Wi-Fi yang terhubung melalui jaringan langsung dan tidak berlaku untuk Wi-Fi yang mewajibkan login melalui browser. Untuk Wi-Fi yang mewajibkan login melalui browser, username dan password Wi-Finya tidak tersimpan di komputer melainkan tersimpan di browser jika kamu pernah mencentang “remember password” pada saat login. Contohnya Wi-Fi.id yang mewajibkan login melalui browser untuk dapat terhubung ke jaringan internet.

Setelah membahas sedikit perbedaan tersebut, maka sekarang saatnya membahas tutorialnya. Untuk mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan sebenarnya ada banyak cara, bisa secara langsung tanpa software dan dengan menggunakan software. Dan yang akan dibahas kali ini tips dengan menggunakan CMD, untuk menggunakan software tidak akan dibahas karena pasti ribet harus download dan install padahal kita hanya ingin tahu apa passwordnya.

Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Tersimpan menggunakan CMD

CMD merupakan salah satu fitur yang terdapat di komputer, dengan menggunakan CMD kita bisa dengan mudah mengakses berbagai hal yang ada dikomputer. Jika ini pertama kalinya kalian menggunakan CMD maka tidak perlu takut dengan tampilannya yang terlihat serem. Tips ini bisa dilakukan siapa saja dan juga sangat mudah dan tidak akan membahayakan dari segi manapun.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk dapat melihat password Wi-Fi yang tersimpan.

Pertama, Pada keyboard tekan bersamaan tombol Windows (tombol berlogo windows) + tombol R (tekan bersamaan). Fungsinya untuk memunculkan kotak Run.

Kedua, Pada kolom Open: ketik cmd lalu klik button OK. Fungsinya untuk menjalankan CMD.

Cara mengetahui password wi-fi

Ketiga Ketik netsh wlan show profiles di layar CMD lalu tekan Enter. Fungsinya untuk menampilkan semua profil Wi-Fi yang pernah terhubung ke komputer.

Cara mengetahui password wi-fi

Cara mengetahui password wi-fi

Keempat, Ketik netsh wlan show profiles nama Wi-Fi key=clear lalu tekan Enter. Fungsinya untuk menampilkan password dari profil Wi-Fi yang dipilih. Ganti nama Wi-Fi dengan nama profil Wi-Fi yang ingin diketahui passwordnya.

Kelima, Selesai. Silakan lihat di Key Content. Disitu akan muncul password Wi-Fi dari profil yang dipilih tadi.

Demikian tips kali ini, semoga dapat membantu bagi kalian yang lupa dengan password Wi-Fi.

Pin It on Pinterest

Share This