Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Pasang Kode Pelacakan Google Analytics di Blog WordPress

Cara pasang kode pelacakan google analytics di blog wordpress – Sesuai dengan namanya, google analytics adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh google untuk melakukan analisa suatu website. Fasilitas ini disediakan secara gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja baik untuk developer ataupun blogger untuk menganalisa trafik pengunjung website. Dengan menggunakan fasilitas google analytics maka seorang developer atau blogger dapat melacak sumber trafik yang masuk ke website mereka.

Beberapa fitur yang terdapat pada google analytics yaitu kita dapat melacak asal trafik pengunjung seperti trafik dari search engine, direct link, atau trafik dari social media. Selain itu kita juga dapat mengetahui jumlah pengunjung saat ini (Real Time), total pengunjung setiap hari, mingguan atau bulanan.

Keunggulan lainnya dari penggunaan google analytics yaitu kita dapat mengaitkannya ke akun google adsense sehingga kita dapat mengetahui jumlah penayangan iklan per halaman serta jumlah harga ikannya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara pasang kode pelacakan google analytics di blog wordpress. Cara pasang kode pelacakan google analytics dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara manual dan dengan menggunakan bantuan plugin google analytics. Jika anda belum tahu apa itu google analytics dan cara mendaftar google analytics maka bisa baca artikel sebelumnya.

Cara Pasang Kode Pelacakan Google Analytics Secara Manual

Untuk memasang kode pelacakan google analytics secara manual di blog wordpress dapat dilakukan dengan cara mengcopy kode pelacakan google analytics lalu mempastekannya tepat diatas kode </head> atau </body> . Berikut ini adalah cara pasang google analytics secara manual:

Pertama, copy kode pelacakan google analytics dari halaman akun google analytics yang anda miliki.

cara daftar google analytics

Kedua, login ke website anda dan pada dashboard wordpress klik bagian tab Appearance dan pilih editor. Setelah itu akan ditampilkan halaman editor kode php website.

Ketiga, pada halaman editor di sebelah kanan akan terdapat beberapa pilihan kode php. Anda dapat memilih memasang kode google analytics di header.php atau di footer.php. Jika anda memilih untuk memasang di header.php maka klik header.php lalu pastekan kode google analytics tepat diatas kode </head>. Sedangkan jika ingin memasangnya di footer.php maka pastekan kode google analytics tepat diatas kode </body> . Setelah itu klik Update file.

Perbedaan peletakan kode pelacakan google analytics di header dan footer yaitu akan berpengaruh terhadap loading suatu website. Jika dipasang di header maka kode pelacakan akan dimuat dahulu sebelum menampilkan seluruh halaman website. Hasilnya jika blog anda lambat maka akan ditampilan halaman putih. Hal ini tentunya kurang bagus jika dilihat dari segi SEO. Saran saya akan lebih baik jika anda memasang kode pelacakan google analytics di bagian footer. Sehingga kode pelacakan google analytics tidak akan di load diawal dan tidak memperlambat loading website.

Cara Pasang Kode Pelacakan Google Analytics Menggunakan Plugin

Cara pasang kode pelacakan google analytics menggunakan plugin sedikit berbeda dengan cara manual. Jika cara manual anda harus copy dan paste seluruh kode pelacakan google analytics maka jika menggunakan plugin anda cukup copy id google analytics.

Saat ini ada beberapa plugin google analytics yang dapat anda gunakan dengan keunggulannya masing-masing. Beberapa plugin tersebut adalah Google Analytics — WordPress Plugins, Google Analytics for WordPress by MonsterInsights, Google Analytics Dashboard for WP (GADWP). Untuk dapat menggunakan plugin tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Pertama, pada dashboard website klik tab plugins lalu klik Add New. Pada kotak search silakan masukkan nama plugin yang diinginkan. Contohnya Google Analytics — WordPress Plugins. Setelah itu klik install dan aktifkan plugin tersebut.

Kedua, sekarang pada dashboard website akan muncul tab baru bernama Google Analytics. Klik tab tersebut lalu pada pengaturan settings silakan masukkan ID Pelacakan Google Analytics yang anda miliki.

Demikian tutorial kali ini Cara pasang kode pelacakan google analytics di blog wordpress. Jika ada bagian yang kurang dipahami bisa ditanyakan di kotak komentar. Dan jika artikel ini dianggap berguna maka silakan di share.

Pin It on Pinterest

Share This