Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Cara Terbaik Memasang Form subscribe di Blog

Cara Terbaik Memasang Form subscribe di Blog – Website yang baik adalah website yang dapat mempertahankan pengunjung lamanya dan mendatangkan pengunjung baru. Ada banyak cara untuk mempertahankan pengunjung lama dan mendatangkan pengunjung baru blog. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan akun social media seperti twitter, facebook page dan google+. Selain itu dapat juga menggunakan notification browser dan subscribe/newslatter blog.

Untuk mempertahankan pengunjung lama dari social media yaitu dengan cara rutin membagikan artikel blog ke akun social media. Sedangkan untuk subscribe (berlangganan artikel gratis) dapat dilakukan dengan cara memasang widget subcribe atau popup subscibe. Memilih plugin subscribe yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan pengunjung blog untuk berlangganan artikel blog.

Ada beberapa plugin subscribe yang tersedia saat ini baik yang gratis maupun premium. Namun sebelum menggunakan plugin tersebut ada baiknya anda mengetahui cara tepat memasang plugin subscribe guna dapat menjaring pengunjung secara maksimal.

Pemasang subscribe yang tepat dapat anda lakukan dengan 3 tahapan. Berikut ini adalah tahapan pemasang subscribe yang tepat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Traffic Organik Blog Menggunakan Software

Tahapan pertama yaitu dengan memasang subscribe di popup selamat datang pada saat pengunjung pertama kali mengunjungi blog. Kegunaannya yaitu untuk memberitahukan pengunjung blog bahwa website tersebut menyediakan fitur berlangganan artikel. Cara ini tentunya tidak akan maksimal jika anda hanya menampilkannya diawal saja dikarenakan kemungkinan pengunjung langsung berlangganan akan sangat kecil. Karena itu anda juga harus memunculkannya kembali pada saat pengunjung selesai membaca artikel atau akan meninggalkan website. Sudah ada plugin yang menyediakan fitur ini salah satunya yaitu plugin wp subscribe pro.

Tahapan kedua yaitu dengan memasangnya di sidebar blog sebagai widget. Penempatan yang baik yaitu di bagian sidebar paling atas atau setelah widget social media (jika anda memasangnya). Fungsinya agar pengunjung langsung mengetahui jika website tersebut menyediakan fitur subscribe.

Tahapan ketiga yaitu dengan memasangnya di akhir artikel. Keunggulan pemasangan subscribe di akhir artikel yaitu untuk mempermudah pengujung untuk berlangganan jika ia merasa artikel blog tersebut bermanfaat. Pemasangan diakhir artikel ini lebih efektif dibandingkan cara lain karena langsung tergantung dari penilaian pengunjung terhadap artikel yang dibaca. Jika menarik maka mereka akan langsung mendaftar untuk berlanggan artikel blog.

Ketiga cara tersebut dapat anda terapkan bersamaan agar hasil yang didapat jadi maksimal. Dengan menggunakan ketiga tahapan tersebut maka kemungkinan pengunjung untuk berlangganan artikel blog akan semakin besar.

Setelah anda mengetahui tahapan pemasangan form subscribe maka selanjut adalah menentukan pilihan form subscribe yang akan digunakan. Pemilihan form subscribe yang umum digunakan yaitu subscribe biasa dan newslatter. Keduanya hampir sama namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Subscribe biasanya digunakan hanya untuk mengirim artikel berlangganan melalui pihak ketiga contohnya feedburner google. jadi disini pemilik blog tidak menyimpan daftar email pelanggan. Keunggulannya yaitu artikel blog akan langsung ke inbox email pelanggan tanpa masuk ke kotak spam terutama jika menggunakan gmail. Hal ini dikarenkan feedburner dibuat oleh google dan telah dipercaya. kedua, pemilik website tidak perlu capek atau takut data pelanggannya hilang karena semuanya sudah dikelolah otomatis oleh feedburner.

Newslatter biasanya digunakan oleh toko online, gunanya untuk mengirimkan promosi atau penawarkan suatu barang. Dengan menggunakan newslatter anda dapat menggumpulkan dan mengelolah langsung daftar email pelanggan blog. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim email artikel terbaru maupun penawaran khusus lainnya. Kelemahannya yaitu anda harus mengatur dan menggelolah email pelanggan dan megirim notifikasi artikel terbaru secara manual ke setiap pelanggan. Jika anda menggunakan jasa penyedia newsletter bisa dilakukan secara otomatis namun kemungkinan suatu saat data tersebut hilang juga ada.

Jika blog anda berfokus hanya pada subscribe artikel maka ada baiknya menggunakan feedburner saja agar lebih mudah. Selain itu feedburner juga menyediakan counter untuk memberitahukan berapa jumlah orang yang berlanggan artikel blog.

Setelah anda mengetahui dan memahami subscribe form yang akan digunakan maka langkah selanjutnya yaitu memilih plugin subscribe yang tepat dan cocok digunakan di blog. Pada artikel selanjutnya akan dibahas beberapa plugin subscribe yang bagus dipasang di blog wordpress.

Pin It on Pinterest

Share This