Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Membandingkan Traffik Social Media vs Traffic Search Engine

Membandingkan Traffik Social Media vs Traffic Search Engine – Salah satu faktor penentu keberhasilkan suatu website yaitu jika website tersebut mempunyai banyak pengunjung asli. Dengan mempunyai jumlah pengujung website yang banyak maka bisa dipastikan peluang website tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari iklan akan semakin besar.

Dengan semakin meningkatnya jumlah visitor website maka nilai atau value website tersebut di mata search engine maupun ranking website seperti alexa rank akan semakin baik.

Seorang webmaster biasanya akan mencoba berbagai cara agar jumlah pengunjung website mereka naik dengan pesat. Ada banyak cara yang bisa mereka lakukan baik itu melalui SEO, traffic exchange, social bookmarking ataupun melalui social media.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dengan Memanfaatkan Akun Social Media

Diantara berbagai cara tersebut, ada dua cara yang paling sering digunakan yaitu teknik seo dan social media. Untuk teknik seo biasanya dilakukan dengan cara pembuatan artikel yang seo, pemilihan keywords yang tepat, dan optimasi tampilan website. Sedangkan untuk social media bisa dilakukan dengan cara membuat fans page di facebook atau twitter dan instagram. Dengan cara membagikan artikel ke followernya.

Jika membandingkan tingkat kesulitan mendatangkan traffik pengunjung website antara seo dan social media maka bisa dibilang seo adalah yang tersulit. Hal ini dikarenakan diperlukan riset yang mendalam guna mendapatkan hasil maksimal. Sedangkan social media asalkan mempunyai follower yang banyak maka akan sangat mudah untuk mendatangkan traffik.

Hal ini sudah saya buktikan dengan salah satu facebook page saya yang mempunyai hampir 100 ribu follower. Cukup dengan memposting 1 artikel saja maka bisa mendatangkan 1000 pengunjung hari itu juga dari facebook untuk artikel tersebut.

Sedangkan jika artikel itu di submit ke google, maka belum tentu hari itu juga artikel tersebut akan mendapatkan traffik organik langsung dari search engine.

Hal ini dikarenakan bisa saja artikel tersebut tidak muncul di pencarian utama search engine karena bersaing dengan artikel sejenis lainnya.

Jika dilihat sekilas maka sudah pasti untuk mendapatkan traffik website yang cepat dan instan, penggunaan social media memegang peranan yang sangat penting. Semakin banyak follower website anda maka semakin banyak traffik pengujung yang akan anda dapatkan.

Namun, begitu tidak berarti anda berpuas diri hanya dengan memperoleh traffik dari social media. Karena pada kenyataanya traffik dari search engine mempunyai nilai yang lebih tinggi dibanding traffik dari social media.

Beberapa hal yang membuat traffik dari search engine lebih baik dibanding traffik dari social media yaitu:

  1. Google lebih menyukai traffik organik dari pada traffik direct (langsung) ataupun traffik dari social media. Hal ini dikarenakan traffik dari search engine adalah traffik murni. Traffik yang didapatkan adalah murni karena keinginan si pencari artikel. Beda dengan traffik dari social media yang mana lebih karena penasaran terhadap judul artikel.
  2. Jika anda pengguna google adsense atau sedang ingin mendaftar google adsense maka anda pasti tahu bahwa salah satu syarat google adsense adalah harus mempunyai traffik organik yang banyak dan bukan traffik social media. Jadi, jika anda menjadikan website sebagai mesin pencari uang maka traffik organik dari search engine adalah suatu keharusan.
  3. Jika artikel anda berhasil menduduki halaman utama pencarian maka peluang anda mendapatkan traffik akan semakin besar dan banyak. Bayangkan jika dalam sehari terdapat pencarian sebanyak 1000 kali dan artikel anda muncul di halaman utama. maka bisa saja anda akan memperoleh traffik setengah dari jumlah pencarian tersebut. Hal ini berbeda jika anda memposting artikel di social media. Artikel tersebut lama kelamaan akan tengelam dan hilang. Jika anda share ulang di social media akan ada kemungkinan terkena spam dan akhirnya diblokir.

Berdasarkan hal itulah jika kita membandingkan traffik social media vs traffic search engine. Kesimpulannya keduanya diperlukan namun tetap yang menjadi prioritas anda harusnya traffik dari search engine. Awalnya mungkin hanya sedikit namun lama kelamaan akan menjadi banyak dengan semakin banyaknya artikel berkualitas yang anda hasilkan.

Membandingkan Traffik Social Media vs Traffic Search Engine
5 (100%) 37 votes

Pin It on Pinterest

Share This