Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Penyebab Laptop Lemot dan Solusinya

Penyebab Laptop Lemot dan Solusinya – Setiap orang pasti pernah mengalami situasi dimana komputer atau laptop yang digunakan menjadi lambat/lag. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab Penyebab Laptop atau Komputer Lemot dan Solusinya. Penyebab komputer menjadi lambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut bisa disebabkan karena permasalah pada software atau hardware.

Komputer Lambat Karena Masalah Software

Komputer yang digunakan terinfeksi virus, bisa berupa adware atau spyware. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara menginstall antivirus dan lakukan scan secara menyeluruh.

Terjadi konflik atau ketidak sesuai software yang digunakan. Cara mengatasinya yaitu pastikan anda hanya mengistall software/driver yang cocok dan sesuai dengan spesifikasi komputer.

Sistem Operasi yang digunakan mengalami crash atau gagal update. Penyebab lain komputer menjadi lambat bisa jadi berhubungan dengan OS yang digunakan. Apakah OS yang anda install itu sesuai dan cocok dengan spek komputer atau tidak.

Menumpuknya file sampah, cache, temp, history pada komputer. Cara mengatasinya yaitu dengan cara menghapus file-file tersebut.

Banyak program yang berjalan di startup atau secara bersamaan. Semakin banyak program yang berjalan maka semakin besar penggunaan Ram dan CPU. Cara mengatasinya yaitu dengan mengdisable program startup.

Cara disable program startup di windows XP, Vista dan Seven bisa dilakukan dengan cara tekan tombol kombinasi “windows + R” Lalu ketik “msconfig”. Setelah itu akan terbuka jendela System Configuration, pada tab startup silakan disable program yang berjalan. Untuk windows 8 dan 10 bisa langsung dilakukan melalui task manager di tab startup.

Komputer Lambat Karena Masalah Hardware

Selain masalah software, komputer menjadi lambat bisa juga disebabkan karena masalah hardware. Beberapa masalah umum pada hardware yang menyebabkan komputer menjadi lambat yaitu:

Ram tidak mencukupi. Untuk cara mengatasinya, pastikan ram yang anda gunakan sesuai dengan spesifikasi komputer. Sebagai contoh untuk memasang sistem operasi windows 10 setidaknya anda memerlukan ram 2GB. Jika anda ingin lebih optimal maka pastikan anda mengintall ram 3GB keatas.

Baca juga:

Prosesor tidak cocok dengan sistem operasi. Saat anda memutuskan untuk menginstall sistem operasi yang baru atau upgrade ke sistem operasi terbaru pastikan prosesor anda cocok.

Komputer Berdebu. Komputer berdebu juga dapat menjadi penyebab lambatnya komputer. Biasanya permasalah ini terjadi ada kipas komputer. Untuk cara mengatasinya, bersihkan kipas komputer dari debu.

Pasta prosesor sudah kering. Semakin lama umur komputer, maka pasta pendingin pada prosesor akan mengering. Cara mengatasinya yaitu oleskan pasta prosesor yang baru.

Cara Melakukan Maintenance Komputer

Menjaga performa komputer atau laptop sudah merupakan hal yang wajib anda lakukan jika tidak ingin komputer anda menjadi lambat atau lag. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga atau memperbaiki komputer yang lambat. Ada dua cara yang dapat anda lakukan yaitu maintenance software dan maintenance Hardware. Berikut ini adalah cara melakukan maintenace komputer windows.

Cara Melakukan Maintenance Software

Hapus file Temporary Windows

File Temp atau Temporary File Windows adalah file-file sementara yang dibuat oleh windows untuk menyimpan data sementara saat suatu proses atau file sedang dibuat. File temp ini bisa anda hapus ketika anda telah selain melakukan suatu proses.

Untuk menghapus file temp dapat dilakukan dengan cara tekan tombol kombinasi “Windows + R” untuk membuka box Run. Lalu ketikkan “temp” dan klik OK. Akan terbuka jendela explorer baru. Setelah jendela baru tersebut terbuka silakan hapus semua folder dan file yang terdapat dalam folder Temp.

Membersikan File Sampah Menggunakan Software CCleaner

Melakukan maintenance komputer tidak cukup hanya dengan menghapus file Temp saja. Anda juga perlu menghapus file sampah/history dari system, windows explorer serta history software yang terinstall di komputer. Dengan menggunakan software CCleaner anda bisa menghapus semua file sampah itu dengan sekali klik.

Baca juga:

Lakukan Optimize dan Defragment Drive

Selain membersihkan sampah dan history komputer, anda juga perlu melakukan Optimize dan Defragment Drive. Fungsi dari defrag drive yaitu agar file-file system pada komputer dapat ditata ulang sehingga menjadi rapi lagi. Hasilnya komputer akan menjadi lebih cepat dan optimal. Untuk melakukan defrag dapat dilakukan dengan cara manual dan dengan menggunakan software.

Cara melakukan defrag drive secara manual dapat anda lakukan dengan cara klik kanan pada partisi hardisk lalu pilih properties. Pada pilihan tab pilih tab “Tools” lalu pada box Optimize dan Defragment Drive klik tombol “Optimize”. Selanjutnya silakan ditunggu hingga proses Defrag drive selesai dilakukan. Saat proses defrag sedang berlangsung drive yang di defrag akan tidak bisa digunakan untuk sementara.

Menggunakan Tune Up Utility untuk Melakukan Schedule Maintenance

Tune up utility adalah salah satu software untuk maintenance komputer terbaik. Software tune up utility menyediakan berbagaimacam fitur untuk maintenance komputer seperti optimize dan deframent drive, memperbaiki komputer jika anda file komputer yang error, mempercepat komputer dan sebagainya.

Selain itu, dengan menggunakan software tune up utility anda dapat menggunakan fitur Turbo untuk mempercepat komputer. Dengan menggunakan fasilitas turbo, Anda dapat mendisable fitur-fitur pada komputer yang tidak begitu penting sehingga dapat mempercepat komputer.

Cara Melakukan Maintenance Hardware

Selain melakukan maintenance software, anda juga perlu melakukan maintenace hardware. Komputer yang sudah lama digunakan pastinya akan berdebu, baik itu layar, keyboard atau kipas komputer/laptop.

Komputer yang cepat panas bisa menyebabkan komputer menjadi lambat/lag dan bisa juga mati tiba-tiba. Hal ini disebabkan kinerja perangkat hardware menjadi lebih keras. Untuk itu anda perlu melakukan pembersihan pada komputer atau laptop yang anda gunakan. Jika komputer yang anda gunakan cepat panas, berarti ada masalah dikipas komputer. silakan lakukan permbersihan pada kipas komputer.

Pin It on Pinterest

Share This