Tulis Artikel! Bantu kami dengan cara tulis artikel. Jadi penulis Disini.

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tahan Lama

Last updated on Juni 21st, 2017 at 06:33 am

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tahan Lama – Baterai smartphone merupakan bagian terpenting dari smartphone dan bisa dikatakan sebagai nyawa dari smartphone kesayangan anda. Jika baterai tersebut sudah soak atau rusak pasti mengakibatkan smartphone anda tidak bisa bisa menyala dan harus di harus diganti dengan yang baru.

Baterai smartphone pada umumnya dapat bertahan selama 3 tahun sebelum baterai itu mulai mengalami penurunan kualitas (baterai menjadi lebih cepat habis dari biasanya). Walau umur baterai itu baru habis setelah 3 tahun tapi ada juga yang baterainya bisa cepat rusak dikarenakan penggunaan yang salah. Salah satunya yaitu tetap dibiarkan di cas saat baterai sudah penuh atau smartphone tetap digunakan sambil di cas (biasanya sambil nonton atau bermain game di smartphone).

Hal ini pernah saya alami juga, gadget saya Tab digunakan untuk bermain game, nonton film sambil di cas selama beberapa hari dan akhirnya baterai tersebut menjadi rusak (baterai mengelembung) dan akibatnya sekarang untuk tetap bisa menggunakan tab tersebut maka harus digunakan sambil di cas. Hal ini tentunya berbahaya karena baterai yang sudah rusak tetap digunakan sambil di cas, bisa-bisa malah terjadi korsleting listrik dan menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Oleh sebab itu, agar baterai smartphone tetap awet dan tidak cepat rusak diperlukan cara penggunaan smartphone yang baik dan benar. Apalagi sekarang ini smartphone yang beredar sudah memiliki baterai yang built ini atau baterai yang tidak bisa dilepas lagi. Alhasil, jika baterai tersebut rusak maka harus dibawa ke service center dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Karena harus membayar biaya baterai dan biaya service. Saya sendiri tidak begitu suka dengan baterai yang built in karena jika baterai rusak untuk diganti maka cashing belakang harus di “operasi” dan efek sampingnya kualitas body smartphone jadi menurun, belum lagi jika prosesnya servisnya tidak bagus dan meninggalkan goresan atau cacat pada body smartphone.

Nah, untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan itu maka pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar baterai smartphone menjadi awet dan tahan lama.

Aplikasi Android untuk Mencegah Over Charging Baterai Smartphone

Tips yang pertama adalah bagaimana cara mencegah baterai smartphone kelebihan dicas dengan menggunakan aplikasi android. Aplikasi android ini bermana Full Battery & Theft Alarm. Dengan menggunakan Aplikasi ini maka anda dapat memasang alarm saat smartphone di cas. Fungsinya yaitu untuk memberitahukan anda bahwa baterai sudah penuh sehingga anda tidak akan lupa untuk mencabut cas. Selain itu terdapat juga fitur Theft Alarm yang berfungsi untuk memberitahukan jika smartphone di cabut dari cas sehingga dapat mencegah smartphone dicuri jika di cas di tempat umum.

aplikasi alarm battery penuh

Tips agar baterai awet yaitu jangan pernah cas smartphone mencapai 100%. Pastikan smartphone cukup 90-95% saja. Anda dapat mengaturnya di settingan aplikasi ini.

Hentikan Aplikasi yang Berjalan Dilatar Belakang

Tips ketiga yaitu dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini penting guna mengurangi kinerja cpu dan aplikasi yang dapat menguras daya baterai. Semakin besar kinerja cpu maka smartphone akan semakin panas yang nantinya akan berimbas pada kualitas baterai. Oleh sebab itu matikan aplikasi yang tidak digunakan agar kinerja cpu berkurang dan smartphone menjadi lebih dingin.

aplikasi bersihkan sampah android

Bersihkan File Sampah yang Terdapat di Smartphone

Tips kedua yaitu dengan cara membersihkan file sampah yang terdapat di smartphone. Fungsinya yaitu agar ruang penyimpanan menjadi lebih luas dan mengurangi kinerja CPU.

Gunakan Power Bank Original (Asli) dan Berkualitas

Gunakan powerbank dengan kualitas bagus dan asli. Jangan sekali-kali menggunakan powerbank yang palsu karena volt yang digunakan belum tentu sesuai dengan smartphone anda. Saat memilih powerbank pilihlah powerbank yang memiliki volt yang sama untuk smartphone anda dan memiliki fitur untuk memutuskan daya jika baterai smartphone sudah penuh.

Jangan Melakukan Cas Smartphone di Laptop

Smartphone tidak didesain untuk dicas di laptop sekalipun bisa. Jika anda terpaksa melakukannya maka gunakan kabel usb yang biasa (bukan kabel usb untuk trasfer data). Apa akibat jika di cas di laptop? efek sampingnya bisa jadi layar smartphone menjadi berkedip-kedip dan lama kelamaan akan menjadi rusak.

Demikian tips cara Merawat Baterai Smartphone agar Awet dan Tahan Lama. Semoga tips ini dapat membantu solusi anda. jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan komentar.

Pin It on Pinterest

Share This